Kamis, 09 Juni 2016

Untukmu Pemegang Bara Api

Pernahkah dirimu merasa berat ketika ingin melaksanakan ketaatan disaat yang lain tidak melakukannya ?
Pernahkah dirimu ingin meninggalkan suatu kemaksiatan sementara yang lain begitu mudah melakukannya ?
Jika engkau masih memiliki rasa yang demikian, Alhamdulillah Allah masih memberikan hidayah dan ketaqwaan kepadamu
Akan tetapi engkau perlu dikuatkan agar tegar dan tegas dalam melakukan kebaikan dan meninggalkan kemaksiatan walaupun engkau sendirian
Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
“Akan datang kepada manusia suatu zaman, orang yang berpegang teguh pada agamanya seperti orang yang menggenggam bara api.” (HR. Tirmidzi no. 2260. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa hadits ini hasan).

Yah, memang kita hidup di zaman dimana orang yang melakukan kebaikan tinggal sedikit dan maksiat pun merajalela dimana-mana. Akan tetapi bagi engkau yang berpegang teguh di atas agama Allah ini, diatas Al-Quran dan As-sunnah, maka engkau akan mengalami ujian yang sangat berat. Tidak menutup kemungkinan bahwa kelaparan, kemiskinan, kesengsaraan dunia akan engkau dapatkan, karena hidup di atas syariat Allah pada zaman ini seperti mengenggam bara api.
Ibarat memegang bara api, bukan berarti ini adalah penderitaan saja. Akan tetapi menggenggam bara api memberikan gambaran bahwa sulitnya berpegang teguh pada agama Allah pada zaman itu, sehingga perlu kesabaran yang luar biasa untuk istiqamah di atas syariat Allah.

Allah azza wa jalla berfirman :
Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas.” (QS. Az Zumar: 10).
Sebagaimana disebut dalam Tafsir Al Qur’an Al ‘Azhim karya Ibnu Katsir, Al Auza’i menyatakan bahwa pahala mereka tak bisa ditimbang dan tak bisa ditakar. Itulah karena saking banyaknya.

Maka bersabarlah di atas sunnah, InsyaaAllaah Allah akan memberikanmu berkah dan hidayah
Apalagi di bulan Ramadhan, meskipun disekelilingmu sulit mengamalkan syariat islam akan tetapi istiqamahlah melaksanakannya dan menghidupkannya walaupun hanya sedikit orang bahkan engkau sendiri.

Semoga bermanfaat. نسال الله السلامة والعافية
والله اعلم ب الصواب

Akhukum Kharisma Ridho Husodo
Jum’at, 5 Ramadhan 1437H

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2014 Qolbu Booster