Minggu, 03 Juli 2016

Yuk, Kenali Mahram Kita


Mungkin di antara kita ada yang tidak mengetahui apa itu mahrom dan siapa saja yang termasuk mahromnya. Padahal mahrom ini berkaitan dengan banyak masalah apalagi sewaktu lebaran banyak sekali kita bertemu dengan sanak saudara tapi tidak tahu di mahram atau bukan. Hal ini berkaitan dengan seperti tidak bolehnya wanita bepergian jauh (bersafar) kecuali dengan mahromnya. Tidak boleh seorang laki-laki dengan wanita berduaan kecuali dengan mahromnya. Wanita dan pria tidak boleh jabat tangan kecuali itu mahromnya. Tidak boleh memperlihatkan aurat di depannya. Dan masih banyak masalah lainnya.

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda:
“Lebih baik kepala salah seorang dari kalian Ditusuk dengan jarum besi daripada menyentuh wanita yang tidak halal baginya (bukan mahram).” (HR. Thabrani)

Islam melarang dan mengharamkan bagi laki-laki untuk menyentuh perempuan yang bukan mahramnya, termasuk berjabat tangan untuk berkenalan, bermaaf-maafan, berterima kasih atau alasan-alasan lainnya, karena ini akan mengantarkan kepada dampak negatif dan keburukan besar, seperti yang dikemukakan Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bahwa kita ini paling lemah dengan godaan lawan jenis dalam sabda beliau Shallallahu’alaihi Wasallam: “Aku tidak meninggalkan setelahku fitnah (keburukan/kerusakan) yang lebih berbahaya bagi kaum laki-laki melebihi (fitnah) kaum perempuan“ (HR Bukhari dan Muslim)

Demikianlah dan semoga tulisan ini bermanfaat bagi kaum muslimin untuk memotivasi mereka agar menjauhi hal-hal yang dilarang dalam agama Islam sekalipun itu kebudayaan di masyarakat kita, guna menjamin keselamatan dan kebaikan hidup mereka di dunia dan akhirat.

Wallahu a'lam bish showab. Akhukum Kharisma Ridho Husodo
Senin, 29 Ramadhan 1437H

Sumber: https://muslim.or.id/

7 komentar:

  1. Assalamualaikum,

    Pict di atas apakah boleh disebarluaskan​ ? Kalo di-edit kembali boleh ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Diedit tujuannya apa ya mas? Apakah ada yg salah dari pict diatas?

      Hapus
    2. Silahkan akhi. Afwan lama ga buka blog

      Hapus
    3. Untuk anak paman dan bibi seharusnya sepupu.
      Mungkin itu yang dimaksud

      Ada baiknya jika bisa di edit supaya bisa leboh valid ilmunya

      Hapus
  2. Assalanualaikum maaf sebelum nya bukan nya anak dari bibi atau paman harus nya saudara ya, si gambar di tuliskan kaponakan..

    BalasHapus
  3. Mau koreksi. Anak paman itu sepupu bukan keponakan.

    BalasHapus
  4. assalamualaikum kak, izin save yah kak. terimakasih banyak...

    BalasHapus

Copyright © 2014 Qolbu Booster