Sabtu, 18 Juni 2016

Hati adalah Raja

Hati adalah hal yang penting bagi manusia. Kata-kata hati dalam bahasa arab adalah Al Qalbu. Dinamakan dengan Al Qalbu dengan dua sebab.
Pertama: karena ia menunjukkan pusat (jantung) sesuatu, sebagaimana kota makkah disebut Qalbul Ardhi (pusat bumi) karena letaknya di tengah-tengah bumi. Sebagaimana hati dalam tubuh manusia adalah pusat kembali segala aktifitas tubuh. Sehingga sejatinya yang dimaksudkan qolbu itu adalah jantung bukan hati (liver), akan tetapi karena kata hati sudah lazim digunakan maka tidak mengapa.

Kedua: karena sifatnya berbolak-balik. Sebagaimana disebutkan oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam sabdanya:
“Sungguh hati anak Adam lebih cepat berbolak-balik dari periuk yang sedang sangat mendidih”. (HR Ahmad)

Ibnul Qayyim berkata, “hati adalah ibarat raja bagi anggota tubuh. Anggota tubuh akan melaksanakan apa yang diperintahkan oleh hati dan akan menerima semua arahan-arahan hati. Anggota tubuh tidaklah akan melaksanakan sesuatu kecuali yang berasal dari tujuan dan keinginan hati."

Maka hati adalah bagaikan generator bagi seluruh anggota badan. Kedudukan hati di antara anggota badan bagaikan raja di tengah kerajaan. Semua gerak-gerik anggota badan akan bergantung kepada hati sebagaimana gerak-gerik anggota pasukan bergantung kepada raja. Bila raja bersifat baik maka prajuritnya pun akan baik pula, sebaliknya bila raja memiliki prilaku buruk maka bala tentaranya pun akan berprilaku buruk pula.

Maka sahabat, perbaikilah amalan hati, karena dengan ini kita akan mengawali dengan amalan-amalan badaniyah yang baik berikutnya. Dan ingat bahwa amalan hati jauh lebih penting dibandingkan amalan badaniyah. Maka kita minta kepada Allah agar dikokohkan hati kita dalam keimanan.

Semoga bermanfaat. Wallahu a'lam bish showab
Barakallahu fiikum.

Akhukum Kharisma Ridho Husodo
@Masjid Abu Dzar Al-Ghifari
Malang, Ahad 14 Ramadhan 1437H

Sumber :
dzikra.com (Ustadz Ali Musri)

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2014 Qolbu Booster