Jumat, 03 Juni 2016

Riya' Lebih Samar dari Langkah Semut



 Seorang sering berkata “Syukur, karena ada kamu dagangan kita jadi laku keras”.
Mungkin juga “Kalau cuacanya ga cerah pasti ga bakal lancer perjalanan kita”.

Pernah mendengar perkataan sejenis demikian? Hati-hati, di dalam perkataan tersebut mengandung sebuah kesyirikan karena secara tidak sadar telah memberikan hak-hak kekhususan Allah kepada makhluk atau beda lain. Akan tetapi katakanlah “Alhamdulillah, atas kehendak Allah kemudian berkat kamu…."

Karena kejahilan kita, mungkin kita tidak sadar sudah melakukan dosa
Karena kekhilafan kita, mungkin kita tidak sadar melakukan kemaksiatan
Karena tabiat kita sebagai manusia, mungkin kita condong kepada hal yang haram
Karena kebodohan kita, bahkan mungkin kita sudah berbuat syirik tanpa sadar
Nadzubillahi min dzalik

Syirik kepada Allah Ta’ala dibagi menjadi dua macam, yaitu syirik akbar dan syirik ashghar. Syirik akbar adalah perbuatan syirik yang mengeluarkan seseorang dari agama Islam, menghapuskan seluruh amal, dan pelakunya kekal di neraka. Sedangkan syirik ashghar, maka tidak mengeluarkan pelakunya dari Islam, meskipun mengurangi derajat tauhid seseorang. Syirik ashghar hanya menghapus amal yang tercampur dengan syirik ashghar tersebut (bukan semua amal) dan tidak terancam kekal di neraka. 

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda
“Sesungguhnya yang paling aku takutkan dari apa yang aku takutkan menimpa kalian adalah syirkul ashghar (syirik kecil).” Maka para shahabat bertanya, ”Apa yang dimaksud dengan syirkul ashghar?” Beliau shalallahu ‘alaihi wasallam menjawab,“Ar-riya’.” (HR Ahmad)

Uswatun teladan kita, Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam sudah mewanti-mewanti kepada kita bahkan perkara yang “kita anggap remeh” tapi menurut beliau ini hal yang besar.
Tidak ada suatu kebaikanpun keucali  telah Rasulullah shallalahu ‘alaihi wasallam kabarkan kepada kita. Dan tidak ada satu keburukan pun kecuali beliau telah peringatkan kita agar menjauhinya. Maka wajib bagi kita untuk menghindari salah satu perangkap syaithan ini.
Semoga Allah senantiasa memberikan kita keselamatan. Wallahu a’lam bish showab

Akhukum Kharrisma Ridho
Jum’at, 26 Sya’ban 1437H
@ Malang, Jawa Timur

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2014 Qolbu Booster