Senin, 13 Juni 2016

Kerjamu Berpahala, InsyaaAllaah

Apa kesibukanmu hari ini?
Melakukan rutinitas kah? Kuliah? Koas? Internship? Atau sudah praktik?
Terkadang kita jenuh dengan rutinitas kita, seolah "Rumput tetangga lebih hijau" sehingga kita malas dengan rutinitas kita dan malahan menginginkan rutinitas orang lain.

Yah memang melakukan sesuatu berulang bisa membuat bosan akan tetapi kita harus menyadari bahwa rutinitas, kesibukan kita bisa jadi diinginkan orang lain.
Betapa banyak orang yang menginginkan menjadi dokter, dan kita dipilih oleh Allah, ditakdirkan oleh Allah untuk mengambil peran ini.
Entah dimana fase kita, baik masih kuliah atau sudah praktik, lakukan performa terbaikmu. Kita yang sudah dipilih untuk mengurusi masalah kesehatan sekarang atau kelak harus bersyukur dan bekerja semaksimal kita. Karena hal ini adalah amanah dari masyarakar Indonesia, juga amanah dari orang tua kita yang merelakan harta dan jiwanya agar kita bisa berada di posisi ini.

Allah azza wa jalla berfirman:
“Sesungguhnya Allah menyuruh kamu untuk menunaikan amanah kepada yang berhak menerimanya, dan (menyuruh kamu) apabila kalian menetapkan hukum di antara manusia supaya kamu menetapkannya dengan adil. Sesungguhnya Allah memberikan pengajaran yang sebaik-baiknya kepadamu. Sesungguhnya Allah adalah Maha Mendengar lagi Maha Melihat”. [An-Nisa : 58]

Ibnu Katsir berkata dalam tafsir ayat ini, “Allah ta'ala memberitakan bahwasanya Ia memerintahkan untuk menunaikan amanah-amanah kepada ahlinya. Di dalam hadits yang hasan dari Samurah bahwasanya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda.
"Tunaikan amanah kepada orang yang memberi amanah kepadamu, dan janganlah kamu menghianati orang yang mengkhianatimu” [Diriwayatkan oleh Imam Ahmad dan Ahlussunnan]

Dan ini mencakup semua bentuk amanah-amanah yang wajib atas manusia mulai dari hak-hak Allah Azza wa Jalla atas hamba-hamba-Nya seperti : shalat, zakat, puasa, kaffarat, nazar-nazar dan lain sebagainya. Dimana ia diamanahkan atasnya dan tidak seorang hamba pun mengetahuinya, sampai kepada hak-hak sesama hamba, seperti ; kuliah, koas, internship, praktik, kepercayaan masyarakay, titipan dan lain sebagainya dari apa-apa yang mereka amanahkan tanpa mengetahui adanya bukti atas itu. Maka Allah memerintahkan untuk menunaikannya, barangsiapa yang tidak menunaikannya di dunia diambil darinya pada hari Kiamat. Karena apabila kita tidak amanah, kita termasuk orang yang mendhzalimi. Naudzubillah

Maka dari sekarang tetap semangat dalam menghadapi peranmu.
Apapun kegiatanmu untuk berbuat kebaikan dan menebar manfaat maka niatkan untuk mengharap ridho Allah azza wa jalla, dengan begitu engkau akan meraup banyak keuntungan dari hasil kerjamu baik balasan akhirat maupun balasan dunia. Dan jangan lupa juga sebarkan syair islam dimanapun kamu berada.
Semoga bermanfaat, wallahu a'lam bish showab

Akhukum Kharisma Ridho Husodo
Selasa, 9 Ramadhan 1437H

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2014 Qolbu Booster