Selasa, 21 Juni 2016

Kita Sejatinya Harus Berdakwah

Sejatinya kita ini adalah manusia, yang setiap harinya melakukan dosa
Setiap harinya kita lalai dengan perintah-perintah Allah dan Rasul-Nya dan terperangkan dalam tipu daya setan untuk melakukan larangan-larangan Allah dan Rasul-Nya
Sehingga peru diantara kita saling meningatkan satu sama lain, tidak perlu hafal hadits. Asal engkau mengetahui itu adalah syariat maka sampaikanlah semampumu, dan jangan engkau diam apabila melihat saudaramu terperangkan dalam kubangan lumpur kemaksiatan.

Allah ta’ala berfirman :
“Serulah (manusia) kepada jalan Rabb-mu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang lebih baik” [An Nahl:125]

Maka sampaikanlah kepada manusia apa yang menurut syariat baik dan laranglah bahkan perangilah apa yang menurut syariat buruk.
Ustadz dan da’i itu berbeda. Da’i seseorang penyeru atau berdakwah, dan berdakwah itu tidaklah harus berdiri di mimbar, duduk sebagai pemateri dalam suatu majelis. Tetapi engkau bisa melakukan dari hal-hal yang kecil misalnya mengajak shalat berjamaah, mengingatkan dari kemaksiatan, membuat desain poster visual, membuat artkel internet, share tausyiah yang shahih untuk disebarkan lewat media social dan lain-lainnya. Akan tetapi engkau juga perlu selektif dalam berdakwah. Lakukan dengan dalil yang tepat, metode yang tepat, serta waktu dan tempat yang tepat.

Tapi ingat, bahwa dakwah itu ini adalah untuk mengharap ridho Allah. Karena dengan berdakwah kita mensyiarkan syariat islam dan mengikuti jalan Rasulullah shallalalhu ‘alaihi wasallam dan para salafus shalih. Dan kita juga berharap pahala dari Allah ta’ala dari dakwah kita. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda :
Barangsiapa yang menunjukkan kepada sebuah kebaikan maka baginya seperti pahala pelakunya. (HR Muslim).

Dan ingatlah juga bahwa Allah ta’ala berfirman :
“Hai orang-orang yang beriman, jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu”. (QS Muhammad : 7)

Tidak kah kita ingin mendapatkan pertolongan Allah yang tidak ada pertolongan yang lebih agung dari selain-Nya. Maka berdakwalah kepada jalan Allah dengan cara yang baik dan bila perlu bantahlah mereka yang tidak setuju dengan cara yang baik. Dan hidayah adalah MILIK ALLAH SEMATA, dan kita ini hanyalah pemberi peringatan. Dan harus sesuai tuntunan Rasul-Nya serta berbekal ilmu al-haq dengan baik.

Wallahu a’lam bish showab
Akhukum, Kharisma Ridho Husodo
Rabu, 17 Ramadhan 1437H

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2014 Qolbu Booster