Sabtu, 16 Juli 2016

Engkau Pasti Pelaku Dosa

Berdosa dan bersalah merupakan sifat yang mutlak pada manusia. Sebagaimana namanya manusia pasti lapar dan haus, demikian juga manusia pasti berdosa karena nafsu adalah sifat pasti manusia. Bagaimanapun ketika berusaha menghindari diri dari dosa ia tidak akan mampu, karena berdosa adalah sifat dasar manusia.

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:
"Seluruh anak Adam berdosa, dan sebaik-baik orang yang berdosa adalah yang bertaubat" (HR Tirmidzi dan Ahmad)

Dalam hadits qudsi, Allah berfirman,
"Wahai hamba-hambaKu, sesungguhnya kalian berdosa siang dan malam, dan Aku maha mengampuni dosa, maka mintalah ampunan kepadaKu niscaya Aku akan mengampuni kalian" (HR Muslim)

Maka tidaklah mengherankan jika seorang manusia berdosa, akan tetapi jika tidak bertaubat maka itulah yang membuatnya tercela dan terpuruk. Namun jika kemudian bertaubat dan beristighfar maka mulialah dia. Sebagaimana firman Allah ta'ala :
"Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri" (QS Albaqoroh : 222)

Sungguh diantara karunia yang Allah berikan kepada kita adalah Allah mensyari'atkan ibadah yang sangat agung dan mudah, yaitu bertaubat dan beristighfar. Ibadah yang sangat kita andalkan dan kita harapkan bisa menghapus dosa-dosa kita yang telah bertumpuk-tumpuk.

Semoga ini bisa menjadi renungan dan pelecut kita untuk senantiasa dalam taubat.

Akhukum Kharisma Ridho Husodo
Ahad, 12 Syawal 1437H
@ Ball Room Paragon Hotel Solo (dalam rangka seminar)

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2014 Qolbu Booster