Selasa, 26 Februari 2019

Doa untuk Saudaramu yang Jarang Terucap

Kebanyakan kita, hanya memikirkan diri sendiri,
Padahal kalau tampil di depan orang-orang, kita berlagak peduli
Tapi nyatanya hal yg mudah saja utk kamu berikan orang lain tak mampu
yaitu doa

Doa utk diri sendiri pasti itu ga pernah terlupa,
doa untuk orang tua? yaa terkadang ingat dan terkadang lupa
doa untuk orang lain di luar pagar rumah kita? Buat apa toh hidup kita yaa hidup kita

Ini lah potret bedanya masyarakat awam dengab orang shalih di zaman emas
Ummu Darda’ mengkisahkan bahwa Abu Darda’ radhiyallahu 'anhu memiliki 360 kekasih di jalan Allah yang selalu dido’akan dalam shalat, lalu Ummu Darda’ mempertanyakan hal tersebut, beliau menjawab: “Apakah aku tidak boleh menyukai jika para Malaikat mendo’akanku?” (kitab Siyar A’laamin Nubalaa)

Bedakan? itu lah iman yg menancap kuat pada seorang hamba.

Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda:
دَعْوَةُ الْمَرْءِ الْمُسْلِمِ لأَخِيْهِ بِظَهْرِ الْغَيْبِ مُسْتَجَابَةٌ عِنْدَ رَأْسِهِ مَلَكٌ مُوَكَّلٌ. كُلَّمَا دَعَا ِلأَخِيْهِ بِخَيْرٍ، قَالَ الْمَلَكُ الْمُوَكَّلُ بِهِ: آمِيْنَ. وَلَكَ بِمِثْلٍ.
Do’a seorang muslim untuk saudaranya yang dilakukan tanpa sepengetahuan orang yang dido’akannya adalah do’a yang akan dikabulkan. Pada kepalanya ada Malaikat yang menjadi wakil baginya. Setiap kali dia berdo’a untuk saudaranya dengan sebuah kebaikan, maka Malaikat tersebut berkata: ‘Aamiin dan engkau pun mendapatkan apa yang ia dapatkan.(HR Muslim)

Bayangkan kita berdoa yang meng"amin"kan adalah malaikat. Makhluk yg paling mulia, selalu tunduk pada Allah ta'ala dan tak pernah durhaka kepada-Nya. Banyak-banyaklah kita mendoakan kebaikan kepada orang lain. Demi Allah tak ada ruginya. Jika dikabulkan temanmu mendapatkan kebaikan, kamu pun jg dapat kebaikan yg serupa dan pahala. Jika masih ditangguhkan, maka pahala tetap ada padamu dan tak ada yg sia-sia.

That's the perfection of eemaan. Kamu mencintai temanmu sebagaimana kamu mencintai dirimu sendiri. Kamu suka sesuatu didapatkan orang lain sebagaimana kamu suka mendapatkan hal itu juga.
Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda “Tidak sempurna iman salah seorang di antara kalian sampai dia mencintai untuk saudaranya apa yang dia cintai untuk dirinya sendiri.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Begitu indahnya agama ini, sampai seorang yg mengharapkan kebaikan orang lain bakal diganjar dengan hal yang sama sebagimana yg ia harapkan untuk orang lain.

Layangkan doamu, langitkan dan terbangkan bisikan harapanmu kepada Rabb semesta alam. Karena untuk menerbangkanya tak perlu keluar biaya sedikitpun, tak perlu kuota juga. Bahkan dengan hal yg cuma-cuma tersebut akan datang rezeki Allah yg luar biasa.

Allah Maha Kaya sedangkan kita fakir terhadapNya.

wallahu a'lam bish showab

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2014 Qolbu Booster