Senin, 16 Oktober 2017

Wanita, antara perhiasan terbaik dan fitnah terbesar



Wanita, dirimu adalah masalah yang pelik bagi kami, kaum pria. Bagaimana tidak? Allah azza wa jalla menciptakan Hawa untuk Nabi Adam ‘alaihissalam supaya condong dan tenteram kepadanya. Dan segala puji bagi Allah karena telah menciptakan dirimu menjadi kesenangan bagi laki-laki, dan tentunya Allah ta’ala telah menentukan jalan yang lurus dan yang halal untuk mendapatkannya yaitu dengan menikah.
Allah ta’ala berfirman :
زُيِّنَ لِلنَّاسِ حُبُّ الشَّهَوَاتِ مِنَ النِّسَاءِ وَالْبَنِينَ وَالْقَنَاطِيرِ الْمُقَنطَرَةِ مِنَ الذَّهَبِ وَالْفِضَّةِ وَالْخَيْلِ الْمُسَوَّمَةِ وَاْلأَنْعَامِ وَالْحَرْثِ ذَلِكَ مَتَاعُ الْحَيَاةِ الدُّنْيَا وَاللهُ عِندَهُ حُسْنُ الْمَئَابِ
Dijadikan indah pada pandangan (manusia) kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu: wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia; dan di sisi Allah lah tempat kembali yang baik (surga). (QS Ali Imran:14). 

Apabila dirimu, wahai wanita bisa memposisikan dirimu dengan baik sesuai fitrahnya yang terkandung dalam ketetapan-Nya, maka dirimu akan menjadi sebaik-baik perhiasan. Akan tetapi sebaliknya, jika dirimu menyalah artikan fitrahmu sebagai wanita dan bertindak hanya sesuai hawa nafsumu, maka kamu menjadi fitnah yang besar bagi kaum laki-laki. 
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda :
الدُّنْيَا مَتَاعٌ وَخَيْرُ مَتَاعِهَا الْمَرْأَةُ الصَّالِحَةُ
“Dunia adalah perhiasan dan sebaik-baik perhiasan dunia adalah wanita shalihah.” (HR Muslim)

Selain itu, beliau shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda :
مَا تَرَكْتُ بَعْدِي فِتْنَةً أَضَرَّ عَلَى الرِّجَالِ مِنَ النِّسَاءِ
Aku tidak meninggalkan satu fitnah pun yang lebih membahayakan para lelaki selain fitnah wanita.” (HR. Bukhari: 5096 dan  Muslim: 2740)

Jangan buat dirimu menjadi fitnah terbesar bagi laki-laki wahai saudariku. Memang dijaman penuh fitnah ini, banyak godaan dan hasutan yang bisa menggoyahkan iman, akan tetapi peganglah teguh syariat islam karena ini adalah ujian Sang Khaliq untukmu. Selain itu, tidak dapat dipungkiri juga banyak laki-laki yang mempertuhankan hawa nafsu mereka, sehingga lebih suka melihatmu dalam keadaan memperlihatkan aurat daripada memandangmu sebagai wanita yang terhormat. Apakah dirimu mau dipasangkan dengan orang yang keji? Bukankah kita ingin mendapatkan pasangan yang baik hati dan menghargai pasangannya? Bukankah juga kamu percaya akan janji Allah yang pasti. Allah azza wa jalla berfirman :
اَلْخـَبِيـْثــاَتُ لِلْخَبِيْثـِيْنَ وَ اْلخَبِيْثُــوْنَ لِلْخَبِيْثاَتِ وَ الطَّيِّبَاتُ لِلطَّيِّبِيْنَ وَ الطَّيِّبُوْنَ لِلطَّيِّبَاتِ.
“Wanita-wanita yang tidak baik untuk laki-laki yang tidak baik, dan laki-laki yang tidak baik adalah untuk wanita yang tidak baik pula. Wanita yang .baik untuk lelaki yang baik dan lelaki yang baik untuk wanita yang baik. (Qs. An Nur:26)

Penjelasan ini tidak melebih-lebihkan. Akan tetapi fakta sejarah telah membuktikan. Meskipun wanita diciptakan dengan kondisi akal yang lemah, namun betapa banyak lelaki yang cerdas, kuat gagah perkasa, dibuat lemah tunduk dengan godaan wanita. Meskipun para wanita diciptakan dengan keterbatasannya, namun betapa banyak para lelaki sholih jatuh tersungkur dalam jeratnya. Meskipun wanita diciptakan dengan keterbatasan agama, namun betapa banyak ahli ibadah yang dibuat lalai dari Rabb-nya.

Tidak sedikit seorang miliader kaya raya nekad berbuat korupsi demi istri tercinta. Tidak jarang darah tertumpah, pedang terhunus, karena wanita. Betapa banyak orang waras dengan akal yang sempurna menjadi gila gara-gara wanita. Bahkan sering kita jumpai seorang laki-laki rela bunuh diri demi wanita. Atau yang lebih parah dari itu semua entah berapa orang mukmin yang mendadak berubah menjadi kafir gara-gara wanita. Pantaslah jika rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam mengatakan fitnah wanita adalah fitnah yang luar biasa.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam  mengabarkan dalam sabdanya,
إِنَّ الدُّنْيَا حُلْوَةٌ خضرة، وَإِنَّ اللهَ مُسْتَخْلِفُكُمْ فِيهَا، فَيَنْظُرُ كَيْفَ تَعْمَلُونَ، فَاتَّــقُوا الدُّنْــيَا وَاتَقُوا النِّسَاءَ، فَإِنَّ أَوَّلَ فِتْنَةِ بَنِـي إِسْرَائِـيلَ كَانَتْ فِي النِسَاءِ
Sesungguhnya dunia ini begitu manis nan hijau. Dan Allah mempercayakan kalian untuk mengurusinya, Allah ingin melihat bagaimana perbuatan kalian. Karenanya jauhilah fitnah dunia dan jauhilah fitnah wanita, sebab sesungguhnya fitnah pertama kali di kalangan Bani Israil adalah masalah wanita” (H.R. Muslim: 2742)
Maka dari itu, kami menasehati agar kalian, wahai saudariku muslimah untuk memposisikan diri sesuai syariatnya dan memperhatikan interaksi dengan lawan jenis. Jangan mengobral kecantikanmu hanya demi pujian, sanjungan bahkan “like” di dunia maya. Kecantikanmu akan pudar akan tetapi yang membuatmu terhormat abadi adalah agama dan akhlaqmu. Tundukan laki-laki yang sholih dengan dua senjata itu, insyaAllah mereka akan mencintaimu dan memuliakanmu karena Allah dan tidak akan menghinakanmu.

Yuk Menjadi Baik.

Wallahu a’lam bish showab

Kharisma Ridho Husodo, 26 Muharram 1439H

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2014 Qolbu Booster