Kamis, 10 November 2016

Bijaksana Manajemen Waktu

Banyak sekali hal yang sudah kita lewatkan tanpa kita merasa kehilangan
Sesuatu yang terlewatkan itu mungkin ingin kita perbaiki
Akan tetapi ketika waktu sudah mendahului, maka kita tak bisa mengulangnya
Yang tersisa hanyalah penyesalan kenapa kita melewatkannya dengan sia-sia

"Killing time", inilah istilah yang sering digunakan orang-orang dalam menikmati waktu senggang mereka dengan bersenang-senang tanpa manfaat. Sekiranya mereka tau bahwa waktu mereka itu sangat berharga untuk dihabiskan dengan sesuatu yang tak bermanfaat, maka sungguh mereka akan menangis menyesali perbuatan mereka sendiri tersebut.
Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda :
“Di antara kebaikan islam seseorang adalah meninggalkan hal yang tidak bermanfaat
(HR Tirmidzi dan Ibnu Majah)

Penyesalan memang datangnya di akhir momen. Ketika itu terjadi maka, manusia banyak yang menyesali dengan banyak berandai-andai. Andaikan aku begini, maka tidak akan begitu, andaikan andaikan dan seterusnya. Berandai-andai ini malah semakin menjerumuskan kita ke pada jurang keburukan.
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Jadilah – di dunia ini – layaknya orang asing atau pengembara. Jika engkau berada pada waktu sore maka jangan menunggu hingga pagi, dan jika engkau berada pada waktu pagi maka jangan menunggu hingga sore. Manfaatkan masa sehatmu sebelum datang masa sakitmu. Manfaatkan masa hidupmu sebelum datang kematianmu.” (HR. Al-Bukhari)

Sehingga untuk optimalisasi waktu maka kita harus pandai dalam memanajemen waktu dengan membuat prioritas pada setiap kegiatan kita dan membatasi waktu untuk setiap kegiatan kita. 
Dan tinggalkanlah hal yang sia-sia dan berlebihan dari sewajarnya. Karena hal ini juga bisa menyita waktu yg banyak sehari-hari.
Terkahir jangan biasa menunda-nunda pekerjaan. Ibnul Qayyim rahimahullah berkata :
“Sekedar berangan-angan (tanpa realisasi) itu adalah dasar dari harta orang-orang yang bangkrut.” (Madarijush shalihin)

Maka manfaatkanlah waktu dengan baik, karena waktu bak dua mata pisau. Yang bisa membantumu dalam mengalahkan musuhmu serta bisa menjadi bumerang yang siap membunuhmu di kala engkau lengah.

Wallahu a'lam bish showab

Wlingi, 10 Shafar 1438H
Kharisma Ridho Husodo

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2014 Qolbu Booster